LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN ANGGOTA 2009


Teknis Pelaksanaan
Hari, tanggal : Sabtu, 24 Januari 2009
Pukul : 08.00 s.d. 15.00
Tempat : SMA Negeri 8 Jakarta
Kehadiran : 307 (74.33% dari angkatan 2011)

LDKA 2009 berjalan dengan sukses tanpa halangan yang berarti. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24 Januari lalu, setelah mundur satu minggu dari jadwal semula karena banjir yang merendam SMA Negeri 8 Jakarta.

Kegiatan ini dibuka pada pukul 08.00 dengan sambutan dari Ketua Pelaksana, Raditya Yudha Prawira. Disusul sambutan dari Wakasek Bidang Kesiswaan, Drs. H. Yani Bayani, M.Pd. LDKA merupakan salah satu kegiatan lintas bidang OSIS SMA Negeri 8 Jakarta.

Angkatan 2011 terbagi dalam 40 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 10 anggota yang tiap anggotanya berasal dari kelas yang berbeda. Tiap kelompok didampingi dua orang sweeper dari angkatan 2010.

Dalam LDKA kali ini, terbagi dalam lima materi, yaitu kepemimpinan, logika, problem solving, team building, pengembangan diri, dan keorganisasian.


Pos Kepemimpinan diisi oleh Ketua dan Wakil Ketua Perwakilan Kelas dan Pengurus OSIS, beberapa ketua subsi dan DPH lainnya. Di pos ini yang merefleksikan nama kegiatan, diisi berbagai macam materi untuk meningkatkan bakat kepemimpinan siswa-siswi SMA Negeri 8 Jakarta.

Di pos Logika diisi materi-materi yang menuntut peserta LDKA untuk dapat berpikir logis dan memberikan argumen agar apa yang dia katakan adalah benar.
Di pos Problem Solving dan pos Team Building diisi dengan beberapa permainan yang intinya menuntut kerja sama antaranggota kelompok. Bedanya dalam pos Problem Solving lebih dituntut permainan yang membutuhkan strategi dalam menyelesaikan sebuah masalah yang dalam kasus ini berupa permainan.

Pada pos Pengembangan Diri ini diisi oleh narasumber yang didatangkan ke SMA Negeri 8 Jakarta untuk meningkatkan bakat dan potensi peserta LDKA angkatan 2011. Sedangkan pos Keorganisasian diisi Dewan Pembina OSIS mengenai seluk beluk OSIS SMA Negeri 8 Jakarta.


Kegiatan LDKA ini ditutup dengan seluruh peserta LDKA yang bertahan hingga akhir (penutupan) dinyatakan lulus LDKA menjadi anggota OSIS dan berhak memilih subseksi yang diminatinya.

Leave reply

Powered by Blogger.

Popular Posts

Back to Top