KADERISASI !?

Kaderisasi berasal dari kata dasar kader. Kader berarti orang yg diharapkan akan memegang peran yang penting dalam organisasi. Sedangkan kaderisasi atau pengaderan adalah proses, cara, perbuatan mendidik atau membentuk seseorang menjadi kader.

Kaderisasi OSIS SMA Negeri 8 Jakarta Insya Allah akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat. Angkatan 2011 sudah harus memilah-milah subseksi pilihannya. Bukan perkara mudah menentukan satu dari sebelas subseksi nonrohani yang ada.

Berdasarkan survei yang dilakukan beberapa minggu lalu, kurang lebih 75% angkatan 2011 sudah hampir pasti memilih subseksi yang diminati. Selebihnya masih bingung subseksi mana yang mau dipilih. Beberapa pendapat juga dilontarkan angkatan 2011. Mulai dari yang menikmati kader hingga menentang kader. Berikut beberapa pendapat dari angkatan 2011:

Siswa A
Apakah tahu tentang kaderisasi?
Tidak.
Tertarik atau tidak?
Lumayan karena ingin tahu lebih lanjut.
Siswa B
Bagaimana reaksi terhadap kaderisasi?
Lumayan tidak menginginkan kaderisasi dikarenakan malas mengikuti kegiatan-kegiatan selama kaderisasi.
Siswi A
Menurut Anda, kaderisasi itu apa?
Pelatihan untuk menghadapi organisasi atau untuk menjadi pemimpin suatu organisasi.
Bagaimana kaderisasi?
Lumayan, karena bisa mendapatkan pelajaran di dalamnya.
Siswi B
Menurut Anda apakah kaderisasi?
Suatu tahapan untuk menjadi anggota suatu organisasi dan tempat dimana kita dilatih untuk mengerti akan berharganya suatu hal.
Apakah Anda tertarik?
Tertarik agar dapat menjadi anggota dan mendapat pengalaman berorganisasi.

Siswa C
Pernah berpikiran untuk tidak mengikuti subseksi?
Pernah
Alasan?
Malas untuk mengikuti proses kaderisasi
Kenapa?
Karena saya sudah tahu kira-kira kaderisasi seperti apa dan rasanya malas mengikutinya
Tapi, pasti Anda pernah berpikir untuk mengikuti subseksi?
Tentu saja
Subseksi apa yang Anda minati?
Subseksi Upacara. Tetapi saya dengar bahwa Panji akan ditiadakan maka saya sedikit mengurungkan niat untuk mengikuti subseksi tersebut.
Kenapa?
Karena Panji saya menjadi tertarik mengikuti Subseksi Upacara dan menurut saya Panji membuat siswa-siswi tertarik untuk mengikuti subseksi tersebut, karena begitulah sebenarnya.
Siswi C
Pernah berpikiran untuk tidak mengikuti subseksi?
Pernah
Alasan?
Malas untuk mengikuti proses kaderisasi
Subseksi apa yang Anda minati?
Art. Tetapi karena saya mendengar banyak isu soal kaderisasi Art yang lumayan sulit, saya jadi sedikit ragu. Tapi saya sendiri bingung, jika tidak memasuki subseksi Art akan memasuki subseksi apa.

Pendapat-pendapat dari 2011 di atas dapat disimpulkan:
Masih banyak siswa-siswi yang bingung akan memilih subsi apa dan cenderung malas untuk mengikuti proses kaderisasi dikarenakan isu-isu yang beredar. Walaupun sudah sering dijelaskan bahwa proses kaderisasi tahun ini tidak lama, tetap saja banyak yang berkata bahwa proses tersebut memakan waktu cukup lama dan akan terasa sangat lama. Namun, ada juga beberapa orang yang antusias dengan proses kaderisasi untuk mendapatkan banyak teman dan mengetahui cara berorganisasi yang baik.

Silang pendapat seperti ini masih banyak terjadi 2011. Namun, mengikuti proses kaderisasi dan memiliki subsi merupakan kelebihan tersendiri dibanding siswa lainnya yang hanya belajar saja. Subsi meruapakan salah satu ajang untuk menyatukan angkatan dan menyalurkan serta mengembangkan bakat, selain itu juga sebagai jalan awal menjadi Pengurus OSIS periode selanjutnya.

Jadi, bagi 2011, mengikuti proses kaderisasi dan memiliki sebuah subsi adalah sesuatu yang membanggakan. Ayo bersama meningkatkan kualitas bidang nonakademis SMA Negeri 8 Jakarta pada umumnya dan OSIS pada khususnya.

One Comment

  1. semangat 2010-2011 !
    doain yg di kuningan jg nih, hehe

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Popular Posts

Back to Top